Dorong Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi, Diskopumker Gelar Seminar Inkubator Bisnis

 


Banjarmasin (25/1), Dalam rangka masa pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 ini, Pemerintah Kota Banjarmasin dibawah Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin  Bersama Kalsel Kreatif Forum menyelenggarakan Seminar Inkubator Bisnis dengan tema “ Peluang dan Tantangan Usaha Tahun 2022”  bertempat di Aula Kayuh Baimbai, Balai Kota Banjarmasin.

Hadir dalam seminar ini sederet narasumber ternama dibidang bisnis dan wirausaha, Adapun nama-nama tersebut antara lain : Bapak H. Ibnu Sina selaku Walikota Banjarmasin (sebagai Keynote Speaker), Bapak Fachrudin (Bussiness director Bank Kalsel), Drs. Zulfikar Alimuddin B.Eng, MM (Direktur Eksekutif Yayasan Hasnur Center sekaligus Dewan Pengawas Kalsel Kreatif Forum), serta Bapak Hwang Ie Raharja salim ( Pimpinan Lumiere Group). Acara ini turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin Bapak Ikhsan Budiman, S.H, M.M, pimpinan SKPD dan Para Pelaku usaha Mikro yang berhadir secara Offline maupun Online.

Acara dimulai dengan Pembacaan Do’a dan Pembacaan Laporan Panitia oleh Kepala Diskopumker Kota Banjarmasin Bapak H. M. Isa Ansari, SE, M.AP  yang kemudian dilanjutkan dengan Sambutan sekaligus Pembukaan oleh Bapak H. Ibnu Sina selaku Keynote Speaker dalam seminar kali ini.  Dalam sambutan pembukaan nya Walikota Banjarmasin menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan Langkah selanjutnya dari Program Wirausaha Baru Kota Banjarmasin. Beliau berharap semoga terseleksi calon-calon penerima bantuan permodalan dan pembiayaan dari program Bahuma (Bahutang Tanpa Bunga) yang merupakan hasil koordinasi dan bantuan dari Bank Kalsel.


 

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga kerja Kota Banjarmasin Bapak H.M. Isa Ansari S.E, M.AP yang ditemui secara terpisah menjabarkan mengenai tujuan kegiatan ini adalah  untuk mendorong pelaku usaha mikro agar usahanya dapat naik kelas serta untuk memperluas pasar, menambah jejaring Kerjasama, serta menambah relasi sebagai upaya pemerintah mendampingi pelaku usaha mikro menghadapi kondisi pasca pandemi Covid-19. Pada kesempatan ini pula Beliau menjabarkan mengenai antusiasme pelaku usaha dikota Banjarmasin Adapun jumlah pendaftar seminar ini berjumlah 587 orang, kemudian dipilih Peserta seminar Offline sebanyak 100 orang dan 100 orang hadir secara online (Zoom) serta seminar ini disiarkan secara langsung melalui channel youtube Media Center Banjarmasin.

klik disini untuk menyaksikan kembali seminar inkubasi bisnis.


 

Acara seminar ini merupakan awal pelaksanaan dari kegiatan Inkubator Bisnis yang diberi nama “Kawal Incubator” yang dimulai pada bulan Februari sampai proses Pra-Inkubasi, Inkubasi dan berakhir pada bulan Agustus 2022.

"kami sangat senang karena dengan adanya program ini kami merasa didampingi dan saya sangat berharap usaha saya dapat berkembang melalui program ini, kami juga berharap agar kegiatan seperti ini terus diadakan karena sangat membantu bagi kami pelaku usaha mikro" ucap ibu Ella pemilik brand Ella collection yang ditemui disela-sela kegiatan seminar. 

APA SIH KAWAL INCUBATOR?

Kawal incubator merupakan program pemerintah kota Banjarmasin melalui dinas koperasi usaha mikro dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin yang bekerja sama dengan Kalsel Kreatif Forum dan Bank Kalsel. Program kawal incubator memberikan bantuan berupa arahan, pelatihan, pengembangan, bimbingan,  fasilitas, bahkan modal kepada para pelaku usaha dengan tujuan untuk membantu para pelaku usaha mengembangkan bisnis dan memperluas jaringan  dan diharapkan mampu menjadi wadah pengembangan maksimal untuk menghasilkan pelaku usaha yang naik kelas dan berdaya saing

Kawal incubator ini juga dimanfaatkan sebagai moment bertemu nya lintas sector untuk bertukar pikiran dan informasi yang saling menguntungkan dari berbagai sumber daya, untuk meningkatkan kapasitas masing-masing demi terwujudnya ekonomi usaha yang hidup dan dinamis di kota Banjarmasin.

FOKUS DAN PROSES INKUBASI BISNIS



 


 GALERI KEGIATAN

 













Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Services