Pelatihan Pembuatan Laporan Pertanggungjawaban Pengurus Berdasarkan SAK-ETAP

 


Koperasi sebagai wadah kegiatan kebersamaan dalam rangka saling membantu diantara sesama anggota perlu dikelola secara serius dan profesional. Dalam pengelolaan tersebut perlu dilakukan pengawasan sesuai dengan fungsi manajemen, yaitu melalui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan kontrol atau pengawasan. Hal tersebut penting dilakukan sebagai pertanggungjawaban kepada seluruh anggota Koperasi. oleh karena itu, komitmen dari pengurus dalam menjalankan fungsi manajemen sangat diperlukan. Pengawasan sebagai salah satu fungsi untuk mengontrol jalannya koperasi turut mewarnai apakah koperasi masih dalam kondisi sehat atau tidak.

Salah satu bentuk pertanggungjawaban pengurus yaitu . Laporan keuangan, yang merupakan penyajian terstruktur dari posisi keuangan dan kinerja keuangan suatu Koperasi . Tujuan  laporan keuangan Pengurus adalah memberikan informasi mengenai posisi keuangan, kinerja keuangan, dan arus kas koperasi yang bermanfaat bagi anggota koperasi dalam pembuatan keputusan ekonomi.

Mengingat betapa pentingnya Laporan Pertanggungjawaban Pengurus maka Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja melaksanakan Pelatihan Pembuatan Laporan Pertanggung Jawaban Pengurus berdasarkan SAK-ETAP.

Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari dari tanggal 17 Mei sampai dengan 20 Mei 2022, bertempat di Hotel Banjarmasin Internasional yang diikuti oleh 20 Orang Pengurus Koperasi.

dalam kegiatan ini diberikan materi : Tatacara pelaksanaan Rapat anggota, Laporan Keuangan sesuai SAK-ETAP, Praktek membuat Lpaoran Keuangan serta tata cara analisis laporan keuangan. 

Adapun hasil pelatihan yang diharapkan yaitu:

1. peserta pelatihan dapat meningkatkan pengetahuan tentang pembuatan laporan secara komputerisasi 

2. peserta dapat meningkatkan SDM Pengurus tentang tata cara pembuatan laporan pertanggungjawaban sesuai dengan standar SAK-ETAP

3. Pengurus dapat melaksanakan rapat anggota tahunan tepat waktu.

Galeri Kegiatan









 

 

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Services