Kolaborasi dengan Wetland Box, Diskopumker Kota Banjarmasin Gelar Pelatihan Kewirausahaan

 


Program Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pelaku Usaha Mikro Kota Banjarmasin yang dilaksanakan pada 12-15 September 2022 bertempat di Ballroom Zuri Express Banjarmasin. Pelatihan kali ini bekerjasama dengan Wetland Box.

Kerjasama ini merupakan langkah untuk menghadirkan narasumber dan beragam materi untuk memberikan pemahaman akan produk, pelanggan, digital marketing, dan coaching clinic dengan setiap peserta. Total peserta pada pelatihan kali ini ialah 30 peserta dengan berbagai jenis produk usaha.


Hari pertama yaitu 12 September 2022, pelatihan dibuka dan diresmikan oleh Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin yang diwakilkan oleh Sekretaris Diskopumker Kota Banjarmasin Bapak Ahmad Syarwani, S.E. Untuk hari pertama materi yang disampaikan ialah Siapa Customer anda & Bagaimana Memahami Pelanggan Anda, Kurasi Produk: Packaging & Branding, dan Manajemen Toko / Warung / Usaha Retail. Outcome dari pelatihan hari tersebut ialah diharapkan para peserta mampu memahami lebih membaca peluang dari tren pasar, mengerti memilih packaging dan branding yang tepat beserta komponen didalamnya, dan peserta mampu mengelola stok barang/produk


Hari kedua yaitu 13 September 2022, pelatihan membahas bagaimana keuangan yang baik dalam berwirausaha. Selain itu, Tim Wetland Box menghadirkan praktek bagaimana menghitung target omset dan membuat laporan laba rugi secara sederhana. Praktek diberikan kepada pembagian kelompok peserta sesuai jenis produknya agar proses diskusi lebih mudah dipahami.


 


Hari ketiga yaitu 14 September 2022, Tim Wetland Box menghadirkan materi seputar digital marketing. Outcome dari hari ketiga ini diharapkan para peserta mengerti jenis promosi apa yang tepat untuk usaha mereka dan mengerti cara mendaftaran dan memulai usahanya mereka melalui platform marketplace yang ada. Maka dari itu, peserta dibantu tim Wetland Box untuk mendaftarkan usaha mereka ke Shopee serta beragam program Shopee seperti gratis ongkir, cashback xtra dan gratis ongkir xtra.


Hari keempat yaitu 15 September 2022, sebagai wirausahawan maka harus memberikan gambaran produk yang menarik agar bisa memancing pembeli untuk melakukan pembelian. Maka dari itu, tim Wetland Box menghadirkan materi teknik fotografi dari smartphone dan memberikan jasa fotografi ke masing-masing produk peserta tanpa biaya apapun sebagai komitmen dalam mengembangkan usaha umkm. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti praktek yang diberikan selama 4 hari. 


Program Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pelaku Usaha Mikro Kota Banjarmasin ditutup secara resmi oleh Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin yang diwakilkan oleh Bu Laila selaku Kepala Bidang Usaha Mikro. Dalam penutupan pelatihan ini juga, para peserta diberikan kesempatan untuk memberikan saran dan feedback agar pelatihan ini bisa lebih baik kedepannya.


Galeri Kegiatan
 




Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Services