Siapkan Siswa masuki Dunia Kerja, Diskopumker Kota Banjarmasin gelar Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan


SMK merupakan sebuah lembaga pendidikan vokasi yang menyiapkan tenaga terampil kelas menengah  Tenaga kerja yang siap pakai atau siap kerja. Namun dewasa ini  lulusan SMK yang diharapkan untuk langsung bekerja malah tidak banyak yang terserap di dunia industri. Hal ini terjadi karena skill dengan trend peluang kerja di dunia industri belum matching. Masih banyak Sekolah Kejuruan yang masih mempertahankan kejuruan yang sifatnya manajemen atau administrasi. Sementara tren pekerjaan sekarang telah banyak mengalami pergeseran. Dimana Tren dunia industri saat ini lebih mengedepankan skill implementasi (skill, attitude dan karakter)


Berkaca dengan hal tersebut, Dinas koperasi usaha mikro dan tenaga kerja kota Banjarmasin melalui Bidang Pembinaan, Pelatihan, dan Penempatan Tenaga Kerja melaksanakan kegiatan “Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan Bagi Pencari Kerja” bertempat di SMKS Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh kepala Bidang Pembinaan, Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Ibu Sri Rusnani S.E.,M.AP

Penyuluhan diberikan kepada 50 orang siswa kelas XII yang akan memasuki dunia kerja, Hadir sebagai Narasumber pada Kegiatan ini Bapak M.Fikrul Ilmi S.Pd (Ahli Pertama Pengantar Kerja Diskopumker) memberikan materi terkait Potensi diri terhadap Dunia Usaha dan Dunia Industri serta Peluang Usaha di Kota Banjarmasin serta Bapak Nashruddin Qawiyurrijal, MI.Kom (BP3MI Banjarbaru) yang memberikan materi seputar Matching minat dan bakat berdasarkan kepribadian peserta dengan pilihan pekerjaan, serta tentang mempersiapkan lamaran pekerjaan dan wawancara kerja.


Diharapkan setelah digelarnya Bimbingan dan Penyuluhan Jabatan ini Siswa dapat memahami situasi dunia kerja saat ini, seperti standar kompetensi yg harus dimiliki calon pencari kerja, persyaratan jabatan, program pelatihan, pemagangan dan penempatan, peluang kesempatan kerja dan potensi usaha mandiri, serta Para siswa (calon pencari kerja) bisa memahami dan menggali potensi diri (minat, bakat dan kemampuan), sehingga calon pencari kerja dimaksud bisa menentukan sikap dalam memasuki dunia kerja baik di sektor formal maupun informal.

Galeri Kegiatan



 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Services