Banjarmasin Job Fair 2023 Sukses Digelar


Kota Banjarmasin dikenal dengan Sebutan Kota Seribu Sungai yang menjadi Salah Satu Pusat Pariwisata dan Pendidikan di Provinsi  Kalimantan Selatan, Hal ini menjadikan Kota Banjarmasin menjadi Kota Strategis dan menarik untuk pendatang, baik untuk sekedar Berkunjung, Menempuh Pendidikan, Berusaha maupun Mencari Pekerjaan. Dengan berbagai kelebihan tersebut menjadikan Kota Banjarmasin memiliki Jumlah Penduduk yang besar dan Angkatan Kerja yang banyak. Hal itu berimbas pada Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kota Banjarmasin yang lumayan tinggi yaitu berjumlah 6,96 % yang mana jumlah ini telah mengalami Penurunan signifikan sebanyak 1,51% dari Tahun 2021 yang berjumlah 8,47%.


Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin terus berupaya mengurangi Jumlah Pengangguran Terbuka di Kota Banjarmasin salah satu cara yang dilaksanakan adalah dengan menyelenggarakan Event “Banjarmasin Job Fair 2023”
Banjarmasin Job Fair 2023 merupakan Event Tahunan dari Pemerintah Kota Banjarmasin  yang bertujuan  mempertemukan Perusahaan dan Pencari Kerja untuk menemukan Pekerja yang Kompeten di Bidang nya serta Bagi Pencari kerja dapat menemukan Pekerjaan yang sesuai dengan Kualifikasi dan Kompetensi yang dimiliki.


Dalam gelaran Banjarmasin Job Fair 2023 ini terdapat 37 Perusahaan dengan 500 Lowongan Pekerjaan yang tersedia, Kegiatan yang diselenggarakan selama 3 Hari ini (25 s/d 27 Juli 2023) di Siring Menara Pandang Kota Banjarmasin  berhasil menyedot Pengunjung sebanyak 1.497 Orang.
“Pemerintah Kota Banjarmasin memiliki Harapan agar dari seluruh lapangan pekerjaan yang tersedia dapat terserap secara keseluruhan agar tenaga kerja terutama tenaga kerja lokal kita, memiliki kesempatan untuk hidup maju dan sejahtera. Serta agar tidak terjadinya kesenjangan ekonomi, kecemburuaan social serta tertutupnya kesempatan kerja bagi tenaga kerja lokal” harap Kadiskopumker Kota Banjarmasin H.M Isa Ansari S.E.,M.AP saat membacakan Pidato Sambutan dari Walikota Banjarmasin H. Ibnu Sina.
Lanjut, “melalui Kegiatan Banjarmasin Job Fair ini semoga dapat menjadi Solusi kita Bersama, guna mengatasi dampak dari tidak seimbangnya antara Tingginya Jumlah Pencari kerja dan terbatasnya Lowongan/Lapangan Pekerjaan yang tersedia, serta kurangnya informasi lowongan pekerjaan dari perusahaan, semoga Langkah ini dapat mempercepat Upaya kita dalam penyerapan tenaga Kerja di Kota Banjarmasin” Tutupnya.



Ditemui dalam kesempatan terpisah, Kepala Bidang Pembinaan, Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin Ibu Sri Rusnani S.E.,M.AP menuturkan “Banjarmasin Job Fair Tahun 2023 juga membuka Lowongan Pekerjaan untuk Rekan Disabilitas dengan Posisi Jabatan Staff Administrasi yang mana hal ini sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Banjarmasin Nomor 3 Tahun 2022 Tentang perlindungan dan pemenuhan hak penyandang Disabilitas pada pasal 35 Ayat 2 dan 3 yang berbunyi “Perusahaan Swasta wajib memperkerjakan paling sedikit 1% tenaga kerja penyandang disabilitas dari Jumlah Pekerja paling sedikit 100 (seratus) orang dan jika perusahaan  tersebut menggunakan teknologi tinggi, dan tenaga kerjanya kurang dari 100 (seratus) orang maka paling sedikit wajib memperkerjakan 1 (satu) tenaga penyandang disabilitas” tuturnya. 

selain Pameran Bursa Kerja, Banjarmasin Job Fair 2023 juga turut dimeriahkan dengan Talkshow, Konseling karir, Pembuatan Kartu Pencari Kerja, serta Pameran Produk Usaha Mikro Kota Banjarmasin.

                                                                Galeri Kegiatan 


 








Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Services